Poecilia reticulata ( Guppy, Cere hias, Gapi)

Poecilia reticulata

 
Klasifikasi
Kerajaan          : Animalia
Filum               :
Chordata
Kelas:              :
Actinopterygii
Bangsa            :
Cyprinodontiformes
Suku                 :
Poeciliidae
Marga             :
Poecilia
Jenis                : Poecilia reticulata

Sinonim: Acanthophacelus guppii (Günther, 1866), Acanthophacelus reticulatus (Peters, 1859), Girardinus guppii Günther, 1866, Girardinus reticulatus (Peters, 1859), Haridichthys reticulatus (Peters, 1859), Heterandria guppyi (Günther, 1866), Lebistes poecilioides De Filippi, 1861, Lebistes poeciloides De Filippi, 1861, Lebistes reticulatus (Peters, 1859), Poecilia reticulatus Peters, 1859, Poecilioides reticulatus (Peters, 1859).
Nama umum: guppie (Afrika), guppii (Jepang), guppy (Inggris), hung dzoek ue (Kanton), ikan seribu (Malaysia), lareza tripikaloshe (Albania), lebistes (Portugis), lepistes (Turki), poisson million (Perancis), queue de voile (Perancis), rainbow fish (Inggris), sarapintado (Portugis), Sardinita (Spanyol), Wilder Riesenguppy (Jerman), zivorodka duhová (Ceko).
Deskripsi
            Ukuran                        : Bisa mencapai 6 cm.
            Lingkungan      : Merupakan ikan air tawar yang benthopelagic , tidak melakukan migrasi.
            pH air              : sekitar  7-8.
            Suhu air           : sekitar 18 – 29oC.
            Masa hidup     : 3 – 5 tahun.
            Asal                 : Amerika selatan.
Tingkah laku
            Merupakan ikan air tawar yang benthopelagic. Ukuran tubuh pejantan lebih kecil dari sang betina namun memiliki ekor yang berwarna-warni. Ikan ini juga bias hidup pada air payau. Ikan menunjukan parental care  yaitu sang betina merupakan live bearer. Namun, mereka akan memakan anak mereka selagi bisa.
Reproduksi
            Sirip anal Poecilia reticulata pejantan termodifikasi menjadi gonopodium untuk pembuahan internal. Sang pejantan akan secara kontinyu mengejar sang betina, lalu sang betina akan menyimpan sperma untuk pembuahan  yang akan terjadi yang biasanya berlangsung sekitar 4 minggu sekali. Betina yang telah “hamil” bisa di kenali dari tanda hitam di antara pinae analis dan pinna pectoralis yang dikenal dengan nama gravid spot. Masa gestrasi sekitar 4 hingga 6 minggu dan akan muncul 20-40 individu baru.


Penyebaran/Habitat
            Tersebar di negara-negara tropis seperti Brazil, Guyana, Venezuela, dansekitar kepulauan karibia. Namun, sudah di perkenalkan ke Asia , Eropa dan Afrika.
            Mereka biasanya ditemukan sungai mengalir, got, kolam, kanal dll, selama tidak ada predator disekitarnya.
Makanan
            Di alam memakan zooplankton, serangga kecil dan detritivor. Pada serangga kecil biasanya makan: ceratopogonid, chironomid, culicid, dipteran, hemipteran, and hymenopteran. Jika pada akuarium akan memakan alga dan pelet ikan.
Manfaat
            Biasanya di jadikan ikan hias dan menjadi sampel percobaan genetika. Walau ada juga yang menjadikannya sebagai pengontrol nyamuk walau tidak terbukti secara ilmiah.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.aqua-fish.net/show.php?h=guppies (dikutip tanggal 14-11-2010)
http://www.fishlore.com/Profiles-Guppy.htm (dikutip tanggal 14-11-2010)

0 Comment:

Poskan Komentar