4 hari lalu

Wew, udah lama gw gak posting diblog ini gara-gara internet Mobi gw jadi lemot yang gak tembus angka 40Kbps doang ckckc ( padahal emang lagi males ). Walaupun begitu, gw bakal tetep update biar gak basi nih blog.

Ok, sekarang gw pengen cerita tentang pengalaman gw tepatnya 4 hari yang lalu waktu gw ngambil duit sekalian nganterin kabel data (SATA) ke bokap gw yang notabene kerjaannya itu jadi ope a.k.a Operator warnet di bekasi itu. Gw pikir bakalan se-simpel gw ngasih kabel -> ngambil duit -> balik, ternyata nggak. Gw berangkat dari kosan naek busway ampe pulogadung abis itu dikanjut eh dilanjut pake Elf, dan setelah lama di Elf karena ngemob penumpang (baca:ngetem) lama banget ampe batere Mp3 player gw abis, karena saking gak sabarnya pengen nyampe duluan, otak gw mulai memainkan ilusinya dan terdengar bisikan "Turun, turun, kalo gak turun nanti 'bero'-nya yang turun" (cat: bagian terakhir hanya rekayasa), membuat gw bilang "KIRI!" walaupun gw gak tau udah nyampe ato nggak karena patokan gw cuman gardu yang bertuliskan 'Telaga Mas' membuat gw memberanikan diri menghipnotis sopir Elfnya agar dia mau nginjek pedal rem karena sekilas gw liat kata 'mas' disitu (bukan sinar mas apalagi ada mas-mas). Setelah gw turun dari mobil itu, gw ternganga ngeliat disitu bukan Telaga Mas melainkan Cempaka Mas!, gw kaget "Waduh gw salah turun nih!" itulah pikiran pertama gw saat gw tau gw turun di tempat antah berantah ( gak juga sih ). Lalu gw mutusin nanya mas-mas penjual bunga yang ada di pinggir jalan ( kayak lagu ), setelah gw tanya ternyata bener, gw kecepetan turun, pas gw jalan nerusin arah Elf yang tadi gw tumpangin, dan karena si masnya ngomong "deket disitu" sambil nunjuk, gw pikir bakal cuman kayak di rumah pengen ke WC ternyata kayak 'dari' rumah ke WC stasiun gambir, setelah 3-4 gardu perumahan gw lewatin, akhirnya gw ketemu gardu yang sebenernya, rasanya pengen meluk sambil bilan 'Oh sayang, aku sudah mencarimu kemana-mana' (hoeekk). Setelah itu gw tinggal jalan ketempat bokap gw yang bertuliskan 'Vianet' di depan rumahnya.

Disitu setelah gw ngasih kabel dan gw dapet duit makan terus ( seperti biasa ) gw diceramahin dan untungnya gw udah biasa dengan hal itu, jadi bisa cuek bebek kayak ketek hehe. Tapi, ada tapinya nih, gw gak abis pikir dengan topik ceramahnya yang buat kita dalem hati nyeletuk "Ya elah", kenapa? karena cuman gara-gara gw kesana naek busway!, gila gak?, gw yang kesana gak ampir setaun sekali, bahkan itu juga gara-gara kalo gw gak kesana bisa gak makan, eh malah di ceramahin soal begituan. Okelah, emang keadaan lagi gak begitu bagus, tapi masa iya gw yang naek busway sekali aja ampe di ceramahin? padahal sekarang gw udah ngekost, jadi gw gak ada biaya buat ongkos lagi selain buat kalo lagi telat dari kampus A ke kampus B dan sebaliknya. Tapi untungnya gw gak ampe di bawa mimpi gara-gara itu.

Sepulangnya dari situ, walau dengan hati yang "rada-rada", gw tetep harus pulang karena besok nya harus kuliah ( ya iyalah masa harus ngamen ), jadi gw balik sekitar jam 3an karena udah mendung banget gw takut bakal ke ujanan di perjalanan balik karen gw gak mau idung gw meler-meler keesokan harinya. Dan setelah gw nungguin kendaraan yang ada di film Lord of The Ring alias Elf yang gak kunjung datang dan lama itu akhirnya gw nemu yang udah penuh banget, dan terpaksa gw harus gelantungan kayak monyet di pintu mobil itu dengan dua orang yang mirip monyet lainnya. Pada awalnya gw gak masalah karena gw emang dari awal udah (lebih) seneng gelantungan daripada duduk desak-desakan di dalem dengan aroma terapi 'ketek' dan 'keringet' buat orang yang lagi keracunan makan sehingga bisa muntah dengan mudah sampe gw liat mobil ini balik arah menentang kodrat yang mestinya lurus malah berbelok. Pertama gw bingung 'Loh? ini koq malah muter? gw salah naek tah?' itu lah yang ada benak gw saat mobil yang gw tumpangin melakukan manuvernya dan membuat gw deg-degan tapi setelah gw denger-denger didalem ada ngomong katanya buat ngindarin macet, dalem hati gw 'oh, baguslah' karena gw emang paling gak suka kalo udah kejebak macet, wong di jakarta aja udah sering, ngapain disini lagi-lagi, udah kenyang!. Gw tunggu dan tunggu, koq gak masuk jalan yang gw inget lagi nih? wah parah jangan-jangan salah naek lagi, satu dan dua orang pun turun dan rekan sesama monyet yang gelantungan udah masuk ke mobil dan gw masih gelantungan. Gw pun mulai just enjoy  the ride dengan ditemani lagu-lagu dari saosin yang membuat perjalanan ini lebih mirip wahana tapi tidak dengan pikiran bingung lagi dimana gw sekarang dan saat gw perhatiin koq orang-orang di pinggir jalan pada liatin gw? apa gw mirip monyet beneran? akhirnya gw ngeliat kaca mobil yang ada di pinggir jalan, dan ternyata oh ternyata rambut gw yang panjang mekar layaknya bezitta ( bener gak nulisnya?) yg lagi lemah syahwat. Beberapa saat lamanya, akhirnya mobil yang gw tumpangin balik lagi ke jalan yang gw kenal yang buat gw lega ampe gw kayak mau cebok di tempat aja.

Saat gw udah nyampe di pulogadung, gw langsung beli tiket dan langsung masuk ke busway yg lagi ngetem sekilas, namun apesnya gw malah ngambil yang jurusan senen bukan matraman! tapi dalam hati ya sudahlah toh gak bayar lagi, sesampainya gw di senen gw langsung ke platform yang ke arah matraman, dari senen ke matraman itu semua berjalan normal, bahkan gw dapet tempat duduk. Apesnya lagi, gw satu bus dengan anak-anak 4L@y yang berisik dan suka godain cewek, pas lagi godain cewek pengen rasanya gw muntah akibat bau basa-basinya yang kebasian. Nah yang bikin gw pengen langsung loncat keluar bus itu pas saat salah satu dari mereka tanpa malu nunjuk ke GW dan bilang kalo gw 'Ryan D'Nasip', WTF!!! apa2an nih? kenapa gw ampe di samain sama plagiator macem dia? bener-bener hari yang aneh dan di akhiri dengan yg aneh pula. Dan begitulah perjalan gw yang gak jelas ini.

Oh iya, hari ini yang seharusnya gw praktek biokimia eh malah cuman disuruh bersih-bersih laboratorium doang, beuh gw nyeletuk aja 'perasaan gw gak ngambil sks ini deh?'
haha puas gw ngomong gitu, tapi setelah gw selesai bersih-bersih, ternyata tempat gw dan temen gw bersihin itu tempat yang abis kena limbah yang bersifat "karsinogenik" alias dapat menimbulkan kanker ( bukan kantong kering ), wew gw jadi tumbal dong ckckck. Akhirnya gw mutusin buat beli susu biar rada di netralin sedikit kalo ada racun yang sempet mampir di badan gw.

Wokeh segitu aja dulu gw update, kapan-kapan gw bakalan lebih sering nge-post lagi hehe
Bye

Lipid


Lipida adalah senyawa organic berminyak atau berlemak yang tidak larut dalam air, yang dapat di ekstrak dari sel dan jaringan oleh pelarut nonpolar, seperti kloroform, atau eter.
Jenis lipida yang paling banyak adalah lemak atau triasilgliserol, yang merupakan bahan bakar utama bagi hampir semua organisme.
Lipida polar, golongna lipida yang lain, adalah komponen utama membrane sel, yaitu “tempat” terjadinya reaksi-reaksi metabolik.
Asam lemak adalah kompnen unit pembangun hampir semua lipida.
Terdapat beberapa kelas lipida, masing-masing memiliki fungsi biologi spesifik:
-          Asam lemak: Komponen unit pembangun yang khas pada kebanyakan lipida. Asam lemak adalah asam organik yang berantai panjang yang mempunyai atom karbon dari 4 sampai 24; asam lemak memiliki gugus karboksil tunggal dan ekor hidrokarbon nonpolar yang panjang yang menyebabkan kebanyakan lipida bersifat tidak larut di dalam air dan tampak berminyak atau berlemak. Asam lemak tidak terdapat secara bebas atau berbentuk tunggal di dalam sel atau jaringan, tetapi terdapat dalam bentuk yang terikat secara kovalen pada berbagai kelas lipida ang berrbeda; asam lemak dapat dibebaskan dari ikatan ini oleh hidrolisis kimia atau enzimatik. Banyak jenis-jenis asam lemak yang telah diisolasidari lipida dari berbagai spesies. Hampir semua asam lemak di alam memiliki jumlah atom karbon yang genap; asam-asam lemak dengan 16-18 atom karbon adalah yang paling dominan. Ekor hidrokarbon yang panjang mungkinjenuh sepenuhnya, yaitu, hanya mengandung ikatan tunggal, atau bagian ini mungkin bersigat tidak jenuh dengan satu atau lebih ikatan ganda. Pada asam lemak yang mengandung dua atau lebih ikatan ganda, ikatan ganda tersebit tidak pernah terkonyugasi  (-CH=CH-CH=CH-) tetapi terpisah oleh gugus metilen:
 -CH=CH-CH2-CH=CH-. Asam lemak yang dijumpai bersifat tidak larut di dalam air, tetapi dapat terdispersi menjadi misel di dalam NaOH dan KOH encer yang mengubah asam lemak menjadi sambun.
-          Triasilgliserol adalah lipida paling sederhana dan paling banyak mengandung asam lemak sebagai unit penyusun juga sering disebut lemak, lemak netral atau trigliserida. Triasilgliserol adalah ester dari alkohol gliserol dengan tiga molekul asam lemak. Triasilgliserolmudah larut di dalam pelarut non polar seperti chloroform, benaena atau eter yang seringkali dipergunakan untuk ekstraksi lemak dan jaringan. Hidrolisis triasilgliserol oleh KOH dan NaOH disebut penyabunan (pembentukan sabun), menghasilkan suatu campuran sabun K+ atau Na+ dan gliserol. Triasilgliserol yang tidak jenuh jika terkena cenderung mengalami proses autooksidasi (molekul oksigen dapat bereaksi dengan asam lemak menyebabkan ketengikan).
-          Triasilgliserol adalah lipida penyimpan.
-          Lilin adalah ester asam lemak dengan alcohol berantai panjang yang jenuh dan tidak jenuh (mempunyai 14 sampai 36 atom karbon) dengan alcohol berantai panjang ( mempunya atom karbon 16 sampai 22)

-          Fosfolipida adalah komponen utama lipida membrane. Golongan ini berbeda dengan triasilgliserolkarena mempunyai satu atau lebih gugus ‘kepala’ dengan polaritas tinggi selain ekor hidrokarbonnya. Karena itulah golongan ini disebut lipida polar. Lipidan membrane yang paling banyak adalah fosfolipida.  Fosfolipida yang mengandung dua molekul asam lemak yang berikatan ester dengan gugus hidroksil pertama dan kedua pada gliserol.Gugus hidroksil yang ketiga pada gliserol membentuk ikatan ester dengan asam fosfat. Selain itu, fosforgliserida mengandung molekul alcohol kedua yang juga berikatan ester dengan fosfat. Karenanya, gugus alcohol kedua ini terletak pada kepala polar dari molekul fosfogliserida. Jenis fosfogliserida yang berbeda dinamakan menurut jenis alcohol pada kepala yang bersifat polar. Senyawa induk fosfogliserida adalah asam fosfatidat yang tidak memiliki kepala alcohol. Fosfogliserida yang paling banyak adalah senyawa-senyawa yang hampir serupa fosfatidiletanolamin dan fosfatidilkholin yang mengandung alcohol etanolamin dan kholin berturut-turut pada bagian kepala yang besifat polar.
-          Fosfolgliserida lain termasuk fosfattidilserin, mengandung asam hidroksiamin serin sebagai gugus pada kepalanya dan fosfatilinositol, yang mengandung alcohol siklik inositol. Kardiolipin yang ditemukan secara khas pada membran mitochondria sebelah dalam, berbeda dari jenis fosfogliserida lain, senyawa ini merupakan fosfogliserida “ganda”.  Semua fosfogliserida mempunyai muatan negatif pada gugus fosfat, pada pH 7. Selain itu, gugus alcohol pada bagian kepala juga dapat memberikan satu atau lebih muatan listrik pada pH mendekati 7. Jadi, fosfogliserida yang mempunyai dua jenis gugus yang amat berbeda, yaitu gugus hidrofilik pada kepala yang bersifat polar dan ekor hidrofobik yang berrsifat nonpolar. Senyawa ini , karenanya bersifat ampifatik. Fosfolgliserida mengalami hidrolisis jika dipanaskan dengan asam atau basa, untuk mengahasilkan komponen unit penyusunnya: asam lemak, gliserol, asam fosfatdan alkoholpada bagian kepala. Senyawa ini dapat juga dihidrolisa secara enzimatik oleh berbagai jenis fosfolipase yang menkatalisa hidrolisis ikatan spesigik pada molekul fosfogliserida.
Spingolipid juga merupakan komponen membrane. Spingolipid, kelas kedua terbesar dari lipida membrane juga mempunyai kepala yang bersifat polar dan dua ekor nonpolar tetapi senyawa ini tidak mengandung gliserol. Spingolipid tersusun atas satu molekul alcohol amino berantai panjang spingosin atau satu di antara senyawa turunannyadan suatu alcohol polar pada bagian kepala. Spingosin adalah senyawa induk dari sejumlah alcohol amino berantai panjang yang ditemukan pada berbagai spingolipid.Pada mamalia, spingosin dan  dihidrospingosin adalah senyawa yang paling banyak. Pada singolipid, gugus polar kepala terikat pada gugus hidroksil spingosin dan komponen asam lemaknya membentuk suatu ikatan amida dengan gugus amino. Terdapat tiga subkelas spingolipid: Spingomieling, serebrosida, dan gangliosida. 


S.Jonathan singer dan Garth Nicolson menyampaikan postulat suatu teori gabungan dari struktur membrane yang yang disebut model fluida mosaic pada tahun 1972. Mereka menyarankan bahwa bagian matriks atau bagian yang berkesinambungan dari struktur membrane adalah lapusan ganda lipida polar. Lapisan ganda tersebut bersifat fluida karena imbang dari asam lemak jenuh dan tidak jenuh yang bersifat fluida pada suhu normal sel. Model fluida mosaic mengusulkan bahwa protein integral membrane memiliki gugus R asam amino tang bersifat hidrofobik pada permukaan protein yang akan menyebabkan protein tersebut me-“larut” di dalam bagian hidrofobik di tengah-tengah lapisan ganda. Di lain pihak model ini menyarankan bahwa protein membrane peripheral atau ekstrinsik sesungguhnya memiliki gugus R hidrofilik pada permukaannya yang terikat oleh gaya tarik elektrostatik dengan bagian kepala polar dari lipida lapisan ganda yang bersifat hidrofilik dan bermuatan listrik. Protein integral membrane yang meliputi enzim dan system transport bersifat inaktif kecuali jika protein ini ditempatkan di dalam inti hidrofobik dari lapisan ganda yang menghasilkan konformasi tiga dimensi yang sesuai dengan aktivitasnya. Kembali, perhatikan bahwa tidak terdapat ikatan kovalen di antara molekul lipida pada lapisan ganda atau di antara komponen protein dan lipida.
Model fluida mosaic selanjutnya membiarkan protein membrane bergerak lateral. Protein peripheral mengapung pada permukaan “lautan” lapisan ganda, sedangkan protein integralnya seperti gunung es, hamper seluruhnya terbenam di dalam inti hidrokarbon. Capping adalah pergerakan protein membrane yang bergerak secara lateral pada lapisan ganda. Model Singer-Nicolson dapat menerangkan banyak sifat2 fisik, kimia dan biologi membrane dan telah diterima luas sebagai susunan molekular lipida dan protein yang paling mungkin pada membrane.
Membran mempunyai Asimetri Spesifik
Membran sel Darah Merah Telah Diperlajari Secara  Terinci
Di Antara protein integral dari membrane sel darah merah terdapat glikoforin (pembawa gula) Pada ujung rantai polipeptidanya terdapat kepala yang bersifat  kompleks dan hidrofilik terdiri dari mungkin sampai 15 cabang oligosakarida masing2 10 unit gula. Pada ujung lain polipeptida glikoforin terdapat banyak residu asam glutamate dan aspartat yang bermuatan negatif pada pH 7. Kepala glikoforin yang kaya akan gula mengandung antigen golongan darah pada organisasi. Bagian ini juga mengandung sisi tempat melekatnya beberapa virus penyebab penyakit.
Protein utama lainnya dari membrane sel darah merah adalah spektrin, suatu protein periferi atau ekstrinsik pada permukaan sebelah dalam membrane yang menyusun sampai lebih dari 20 persen dari total protein membrane. Protein ini terdiri dari empat rantai polipeptida. Molekul spektrin mengikat molekul protein dan lipida tertentu secara spesifik pada permukaan dalam membrane sel darah merah membentuk suatu jaringanseperti batang yang fleksibel, pada permukaan sebelah dalam yang agaknya berperan sebagai mikrofilamen dan aktin yang mengikat batang2 spektrin bersama-sama.
Glikoprotein membrane yang utama lainnya yang terdapat pada permukaan luar sel di dalam banyak jaringan padatan adalah fibroinektin  dengan sifat merekat yang amat kuat  yang agaknya menyebabkan sel2 sejenis pada jaringan padat tersebut saling berlekatan.
Lektin adalah Protein spesifik yang mampu mengikat atau menggumpalkan sel-sel tertentu
Sejak ditemukan protein tanaman yang dinamakan fitohemaglutinin  dapat mengikat dan menggumpalkan sel darah merah. Maka dengan itu juga dapat mengikat sel hewan lainnya. Lektin  terutama banyak dijumpai pada tumbuhan khusunya pada keluarga legume dan juga ditemukan pada banyak jaringan invertebrate. Konkanavalin A dari kacang “jack” dan risin pada biji jarak merupakan dua di antara hemaglutinin yang pertama-tama di temukan. Protein ini dan banyak protein dari tumbuhan dan hewan lainnya  yang mampu berikatan dengan permukaan sel disebut lektin ( bahasa lating “legere” yang berarti mengambil atau memilih) karena protein ini mengikat gugus karbohidrat spesifik  tertentu pada permukaan sel. Sebagai contoh konkanavalin A mengikat residu D-glukosa dan D-manosa sedangkan lektin kacang kedelai mengikat D-galaktosa dan N-asetil-Dgalaktosamin. Lebih dari 100 lektin telakh diidentigikasi yang paling menyolok adalah bahwa beberapa lektin cenderung menggumpalkan sel tumor pengganggu. Oleh karena itu, sel tumor seharusnya memiliki struktur permukaan yang berbeda dari sel normal; residu karbohidrat spesigik tempat lektin berikatan agaknya lebih terbuka pada permukaan sel tumor.
Lektin tumbuhan dan invertebrate agaknya merupakan protein defensive yang melindungi organism ini, yang tidak memiliki system imun dan karenanya tidak memiliki antibody terhadap terhadap serangan parasit microbial. Lektin mungkin terletak pada permukaan sel tanaman.
Membran memiliki fungsi yang amat kompleks
Pada permukaan sebelah luar, membrane juga mengandung sisi pengenalan spesifik , sekelompok struktur yang terlihat nyata, yang berfungsi untuk mengenali isyarat molecular tertentu. Sebagai contoh, membrane beberapa bakteri dapat merasakan suatu perbedaan kecil dalam konsentrasi nutrient yang merangsang bakteri tersebut bergerak kearah sumber nutrient. Fenomena ini disebut kemotaksis. Permukaan luar membrane sel hewan mengandung sisi yang mengenali sel lain yang sejenis, menyebabkan penggabungan sel selama perkembangan yang teratur pada struktur jaringan jenis sisi pengenalan yang lain pada permukaan sel bergungsi sebagai reseptor spesigik bagi molekul hormone.
 

Akhirnya....

Wih, udah dua bulan gak posting sesuatu di mari gara-gara gak ada koneksi internet, dan sekarang akhirnya bisa internetan lagi.

Dua bulan ini banyak banget hal terjadi di hidup gw, terutama masalah perkuliahan gw yang mulai terancam kelangsungan hidupnya, well, tapi gw jalanin aja sebagaimana mestinya walau gw gak tau dah bakalan gimana nantinya.

Dan dari masa liburan gw yang cuman dua bulan itu ( dua bulan cuman :P ) yang gw abisin dengan berhibernasi yaitu makan-tidur-makan-tidur dan seterusnya dan nonton acara tipi yang tentang perjodohan macem acara-acara dokumenter itu, mungkin udah saatnya gw memulai hidup baru dengan mencari "ehmm" pasangan. Wow, sesuatu yang besar memang, tapi nggak ada salahnya gw mulai mencari yang baik tapi setelah di pikir-pikir, siapa yang mau sama gw? nah gw jawab "bukan nggak ada yang mau, tapi belum ada yang mau", jadi mulai sekarang gw mau memperbaiki diri gw menjadi lebih baik supaya bukan gw yang mencari tapi gw bisa menunggu yang kesemsem  sama gw alias sekarang gw tebar pesona dulu hehehe. Weittsss tapi bukan gw malah jauh dari kata belajar, malah itu bikin motivasi gw timbul jadi it's really a big step in my life and "i will fight for it"

Udah gitu aja dulu buat refreshing blog ini yang mungkin bakala gw hiasin dengan postingan-postingan tentang pelajaran yang gw dapet dari semester 3 jurusan biologi UNJ ini.

Bye-bye!